Selasa, 17 Maret 2009

PELATIHAN TINGKAT DASAR BOLA BASKET

Pelatih (Coach)

Lahirnya seorang juara tidak dapat lepas dari peranan pelatih, atlit dengan bakat pembawaannya merupakan modal dasar lahirnya seorang juara. Persaingan ketat dalam olahraga dewasa ini telah melibatkan para ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu, sehingga untuk dapat memenangkan pertandingan tidaklah cukup bermodalkan bakat, dan mutlak diperlukan masukan dari berbagai disiplin ilmu, dan pelatih adalah pemeran utamanya.
Pelatih disamping harus menguasai ilmu kepelatihan juga di harapkan menguasai ilmu pendukung lainnya antara lain :
a. Ilmu Physiology
b. Ilmu Anatomy
c. Ilmu Psykology
d. Ilmu Biomechanica
e. Ilmu Statistic
f. Ilmu Motor Learning
g. Ilmu Pedagogy
h. Ilmu Nutrition
i. Ilmu Sociology
j. Test and Measurement
k. Sport Medicine
l. History

Apabila seseorang sudah berniat menjadi seorang pelatih salah satu cabang olahraga, maka sebenarnya ia sudah harus mempersiapkan dirinya untuk menjadi contoh yang baik daripada atlit yang dilatihnya. Sebagai seorang pelatih maka ia akan menjadi titik perhatian atlitnya dan secara tidak langsung pelatih tersebut sering menjadi contoh bagi para atlitnya. Dengan demikian maka seorang pelatih harus dapat memberikan contoh baik sebagai guru, bapak, teman atau sahabat dari para pemainnya. Setiap pelatih juga perlu memahami sifat-sifat kepribadiannya sendiri untuk dapat menyadari kelemahan-kelemahannya dan selanjutnya berusaha mengatasi kelemahan tersebut. Pada hakekatnya tidak ada manusia yang sempurna, juga pelatih harus menyadari bahwa upaya untuk kekurangan yang ada pada dirinya selalu perlu dilakukan.

Gambaran kepribadian pelatih dengan berbagai sifat sebagai cirinya, yang oleh Tutko dan Richard (1971) dibedakan dalam lima gaya kepemimpinan pelatih, bukanlah satu-satunya cara untuk dapat memahami kepribadian pelatih. Kepribadian manusia dapat dibedakan atas sifat-sifat yang dimilikinya, dan kombinasi dari sifat-sifat tersebut dapat bervariasi berpuluh-puluh kemungkinan variasi sehingga dapat menimbulkan lebih dari lima gaya kepemimpinan pelatih.

Banyak ahli di bidang kepelatihan telah memberikan pandangannya tentang kualifikasi yang harus dipenuhi bilamana seorang pelatih menginginkan dirinya menjadi seorang pelatih yang baik dalam Rice (1975) memiliki ciri-ciri diantaranya sebagai berikut :
m. Kemampuan profesional sebagai guru, baru kemudian menjadi pelatih
n. Mengetahui cara melatihnya
o. Memiliki kepribadian yang baik
p. Memiliki karakter yang bik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar