Senin, 23 Maret 2009

Lahirnya Sepakbola

SEJARAH SEPAK BOLA


Sejarah Singkat
Pada umumnya masyarakat mengenal permainan sepakbola karena permainan ini merupakan permainan kelompok atau beregu. Permainan sepakbola banyak digemari dikalangan anak, remaja, dan dewasa, mengingat alat-alat yang diperlukan sangat mudah didapat dan murah harganya.
Menurut sejarah permainan sepakbola pertama kali dikenal di Inggris. Pada tanggal 26 Oktober 1863 dibentuk organisasi sepakbola di Inggris dengan sebutan ” The Football Association”. Kemudian pada tanggal 21 Mei 1904 Guirin seorang pakar sepakbola Perancis bersama tokoh sepakbola dari negara lainnya membentuk organisasi sepakbola seluruh dunia dengan sebutan ” Federation Internationale de Football Association ” (FIFA) dengan ketua terpilih ”Guirin” dari Perancis.
Bangsa Indonesia pertama kali mengenal permainan sepakbola dari orang-orang Belanda yang pada waktu itu menjajah Indonesia. Dari sejak itulah perkembangan persepakbolaan di negara kita mulai berkembang dengan pesat, sehingga pada tanggal 19 April 1930 Indonesia membentuk Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di Jogjakarta yang di ketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo.
Sebelum bermain sepakbola sebaiknya terlebih dahulu menguasai beberapa aspek keterampilan teknik dasar: menggiring, menahan,menendang bola. Setelah teknik dasar ini di kuasai dengan baik baru dapat mempraktikkan bermain sepakbola dengan peraturan yang sederhana.

Peraturan Permainan
Lapangan
Panjang : 100-110 m
Lebar : 64-75 m
Lebar Garis : 10 cm
Titik Finalty : 11 m
Daerah hukuman : 40,32 X 16,5 m
Daerah hukuman : 18,32 X 5,5 m

Gawang
Lebar : 7,32 m
Tinggi : 2,44 m
Diameter tiang : 12 cm

Bola
Berukuran berat : 369-453 gram
Lingkaran : 68-71cm

Jumlah Pemain
Pemain : 11 Orang
Cadangan : 5-7 Orang


Perlengkapan Pemain
Pemain diwajibkan memakai kaos olahraga, sepatu bola dan tidak diperkenankan memakai barang yang membahayakan.

Wasit
Wasit teriri dari 1 orang dan dibantu 2 orang penjaga garis/hakim garis.

Lama Permainan
Permainan ditentukan dua babak, masing-masing babak 45 menit, istirahat 10-15 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar