Sabtu, 21 Maret 2009

GERAKAN OLAHRAGA INDONESIA



1. Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Sejak manusia lahir di dunia, ia telah berjuang untuk mempertahankan kehidupan yang wajar, untuk dapat hidup dengan tenaga dan pikirannya. Untuk itu manusia memperkembangkan kekuatan fisik dan jasmani supaya badannya cukup kuat dan tenaganya cukup terlatih, menjadi tangkas untuk melakukan perjuangan hidupnya. Disamping itu menjadi kebutuhan hidup tiap manusia dan menjadi sifat manusia untuk mencoba kekuatan dan ketangkasannya dengan manusia-manusia lain.

Definisi Pendidikan Jasmani ialah pendidikan yang mengaktualisasikan potensi aktivitas manusia yang berupa sikap tindakan dan karya untuk diberi bentuk, isi, dan arah menuju kebulatan kepribadian sesuai dengan cita-cita kemanusiaan. Pendidikan Jasmani merupakan terjemahan kata demi kata dari Negara barat : Lichamelijke opvoeding-Physical Education-Physique Libes Erziehung. Pendidikan Jasmani bukanlah imbangan terhadap pendidikan rokhani, jasmani dan rokhani merupakan satu kesatuan yang tidak dipisahkan. Pendidikan Jasmani di sekolah merupakan dasar yang baik bagi perkembangan olahraga di luar sekolah. Olahraga dan pendidikan jasmani tidak dapat dipisahkan karena keduanya sangat erat hubungannya dan saling mempengaruhi.

2. Tujuan Pendidikan Jasmani
Sebagai tujuan umum dapat dikemukakan pembentukan anak menjadi manusia yang sempurna. Tujuan Utama Pendidikan Jasmani al:
a. Mempertinggi Kesehatan yang positif
b. Mempertinggi daya tahan
c. Memperbesar tenaga otot
d. Mempertinggi keseimbangan emosional
e. Mempertinggi effisiensi daru fungsi alat tubuh
f. Mempertinggi daya ekspresif dan daya kreatif
g. Mempertinggi ketangkasan membela diri dalam keadaan darurat
h. Mempertinggi kecekatan untuk menjalankan pekerjaan
i. Mempertinggi kecekatan untuk tujuan rekreatif
j. Memupuk sifat-sifat kepemimpinan
k. Memupuk perasaan bersatu
l. Memupuk sifat yang positif untuk memajukan kesehatan
m. Memupuk kesadaran untuk bertanggung-jawab

3. Tujuan Olahraga
Tujuan utama olahraga bukanlah pembangunan fisik saja melainkan juga pembangunan mental dan spiritual. Olahraga (Lama) ialah merupakan suatu kegiatan yang dilakukan atas pilihan sendiri yang bermaksud menguatkan diri baik phisik maupun psychis tanpa mengharapkan suatu hasil materiil tetapi mengharapkan kenaikan prestasi. Olahraga (baru) ialah membentuk manusia Indonesia Pancasila yang fisik kuat-sehat berprestasi tinggi, yang memiliki kemampuan mental dan ketrampilan kerja yang kritis kreatif dan sejahtera. Jadi Olahraga ialah suatu usaha untuk mendorong, membangkitkan, mengembangkan dan membina kekuatan jasmaniah maupun rokhaniah pada tiap manusia. Lebih tegas dikatakan bahwa olahraga untuk mempertahankan existensi kemanusiaan dan untuk melakukan cita-cita hidup bangsa.

4. Olahraga merupakan pembentukan fisik dan mental
Pembentukan fisik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar